PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK IPA BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SD KELAS V SEMESTER I

Saputro, Rahmad Yusuf (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK IPA BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL UNTUK SD KELAS V SEMESTER I. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rahmad Yusuf Saputro_11108241094.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah sistematis pengembangan bahan ajar cetak IPA berbasis komunikasi visual untuk SD kelas V semester I, mengetahui tingkat validitas produk, dan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan model desain pengembangan yang dipilih adalah model desain pengembangan 4-D Thiagarajan and Semmel (1974,) yang diadaptasi menjadi 3-D yaitu pendefinisian (Define), perencanaan (Design), dan pengembangan (Develop). Bahan ajar yang dikembangkan diuji secara konseptual maupun secara empiris. Uji konseptual dilakukan oleh ahli pada aspek media, materi, penyajian, dan kebahasaan, serta angket respon oleh guru (praktisi). Uji empiris dilakukan dengan ujicoba skala kecil dan ujicoba lapangan pada guru dan siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo 2 Kabupaten Magelang. Data tingkat pemahaman dan ketuntasan belajar pada materi bahan ajar, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil review dari ahli media, ahli materi, penyajian, dan ahli kebahasaan menyatakan bahwa bahan ajar cetak IPA yang dikembangkan sudah layak diujicobakan di lapangan. Hasil validasi ahli media untuk bahan ajar cetak IPA sebesar 87% berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil validasi ahli materi untuk bahan ajar cetak IPA sebesar 87% berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil validasi ahli penyajian untuk bahan ajar cetak IPA sebesar 86% berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil validasi ahli kebahasaan untuk bahan ajar cetak IPA sebesar 88% berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil angket tanggapan guru untuk bahan ajar cetak IPA sebesar 94% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba skala kecil dan uji coba lapangan untuk bahan ajar cetak IPA masing-masing sebesar 94% berada pada kualifikasi sangat baik. Hal ini didukung dengan data tingkat pemahaman dan ketuntasan belajar siswa pada materi bahan ajar cetak IPA yang memperoleh nilai rata-rata 81,4 dengan kualifikasi sangat baik sekaligus menunjukkan bahwa produk memiliki kinerja yang sangat baik. Kata kunci : bahan ajar, pengembangan, komunikasi visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28322

Actions (login required)

View Item View Item