MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS III SD N DAWUNGAN II MASARAN SRAGEN

Fitriani, Ofie Luthfiah (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS III SD N DAWUNGAN II MASARAN SRAGEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ofie Luthfiah Fitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar IPA menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas I I I SD Negeri Dawungan II, Masaran Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewin yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas II I SD Negeri Dawungan II yang berjumlah 27 orang, serta objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar IPA. Data yang dikumpulkan berupa skor aktivitas belajar, pengamatan aktivitas guru, dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Validitas instrument dilakukan dengan pengujian validitas isi melalui expert judgement. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CLIS yang dilakukan melalui langkah-langkah: 1) mengekplorasi pengetahuan awal siswa, 2) melakukan percobaan, 3) diskusi, 4) mengalisis, dan 5) memecahkan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas belajar IPA pada setiap siklusnya. Pada pra tindakan, persentase aktivitas belajar IPA seluruh siswa (100%) berada pada kategori sangat rendah. Pada siklus I, belum terjadi peningkatan aktivitas belajar IPA dengan persentase aktivitas belajar IPA semua siswa (100%) berada pada kategori sangat rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar IPA dengan persentase 18,52% dari jumlah siswa berada pada kategori sangat rendah dan 81,48% dari jumlah siswa berada pada kategori rendah. Penelitian ini belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang sudah ditetapkan yaitu 75% dari jumlah siswa minimal mencapai kategori tinggi, karena keterbatasan penelitian maka penelitian ini dihentikan pada siklus II dan tidak dapat dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Kata kunci: aktivitas belajar IPA, model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item View Item