HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

FERI, SETIAWAN (2015) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Feri Setiawan 10504242004.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : FERI SETIAWAN 10504242004 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kinerja guru dan prestasi belajar kelas XI pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Muhhamadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 siswa yang dipakai untuk uji coba instrumen sebanyak 30 siswa dan 102 siswa dipakai untuk pengambilan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas instrumen menggunakan rumus product momen dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha crobanch. Uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dengan rumus chi kuadrat dan uji linieritas dengan rumus regresi sederhana. Untuk uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan koefisiensi diterminan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang kinerja guru dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefesien korelasi antara variabel persepsi siswa tentang kinerja guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran motor otomotif dalam kategori kuat dengan koefesien korelasi sebesar 0,612, dengan koefisien determinan (KP) persepsi siswa tentang kinerja guru mata pelajaran motor otomotif memberikan konstribusi tentang prestasi belajar siswa sebesar 37.55%. Persepsi siswa tentang kinerja guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengendali kendaraan dalam kategori cukup kuat dengan koefesien korelasi sebesar 0,554, dengan koefisien determinan (KP) persepsi siswa tentang kinerja guru mata pelajaran sistem pengendali kendaraan memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 30.70%. Persepsi siswa tentang kinerja guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga dalam kategori cukup kuat dengan koefesien korelasi sebesar 0,591, dengan koefisien determinan (KP) persepsi siswa tentang kinerja guru mata pelajaran sistem pemindah tenaga memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 34.95%. Persepsi siswa tentang kinerja guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif dalam kategori kuat dengan koefesien korelasi sebesar 0,611, dengan koefisien determinan (KP) persepsi siswa tentang kinerja guru mata pelajaran kelistrikan otomotif memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 37.43%. Kata kunci: persepsi siswa tentang kinerja guru, prestasi belajar, dan guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Nov 2015 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28320

Actions (login required)

View Item View Item