Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi SMA di Kecamatan Kasihan Bantul

Kurniadi, Dodi ardi (2015) Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi SMA di Kecamatan Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dodi-ardi-kurniadi-13703251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses perumusan visi dan misi sekolah; (2) mendeskripsikan strategi yang dibuat sekolah dalam upaya mewujudkan visi dan misi; (3) mendeskripsikan gambaran ketercapaian dari visi yang telah dibuat sekolah; (4) mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi sekolah dalam upaya mewujudkan visi dan misi selama ini; dan (5) menemukan strategi yang efektif dalam mewujudkan visi dan misi yang telah dirumuskan sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian dilakukan di SMA Kecamatan Kasihan tepatnya SMA SMA Negeri 1, SMA PGRI 1, dan SMA Muhammadiyah Kasihan. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, perwakilan guru, dan kepala staf tata usaha sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi tidak terstruktur, wawancara semiterstruktur, dan analisis dokumentasi. Peneliti memanfaatkan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles & Hiberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) proses perumusan visi SMA Negeri 1, SMA PGRI 1, dan SMA Muhammadiyah Kasihan dilakukan melalui rapat internal yang dibuat oleh kepala sekolah dengan memperhatikan visi lembaga di atas sekolah, nilai-nilai dalam masyarakat, dan relevansi dengan perkembangan zaman; (2) strategi yang dibuat ketiga sekolah memang sedikit berbeda-beda namun pada dasarnya dapat dianalisis dengan dimensi proses, konten, dan konteks; (3) visi ketiga sekolah dapat dikatakan belum tercapai karena beberapa unsur yang ada di dalam visi belum sepenuhnya terwujud; (4) sumber daya manusia, pendanaan, metode, sarana prasarana, kepemimpinan sekolah, dan komunikasi mempengaruhi ketercapaian dari visi dan misi sekolah; dan (5) strategi yang efektif dalam upaya mewujudkan visi dan misi sekolah dapat dilakukan dengan cara membangun harapan individu menjadi visi bersama, membuat prioritas pembangunan dengan indikator ketercapaiannya, membangun motivasi berprestasi, meningkatkan partisipasi orang tua, dan membangun kemitraan dengan berbagai pihak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi mewujudkan visi dan misi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:06
Last Modified: 21 Dec 2022 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28311

Actions (login required)

View Item View Item