UPAYA MENINGKATKAN MITIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS-SEJARAH MELALUI MODEL CARD SORT SISWA KELAS VII SMP N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010

Anggraeni, Defi (2010) UPAYA MENINGKATKAN MITIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS-SEJARAH MELALUI MODEL CARD SORT SISWA KELAS VII SMP N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
UPAYA MENINGKATKAN MITIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS-SEJARAH MELALUI MODEL CARD SORT SISWA KELAS VII SMP N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang berkembang selama ini, bahwa pembelajaran IPS-Sejarah yang berlangsung selama ini cenderung tidak menarik dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS-Sejarah siswa kelas VII di SMP N 4 Y ogyakarta dengan menggunakan model Card Sort (Sortir Kartu) , serta mengetahui kendala apa saja yang muncul dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam 3 siklus atau tindakan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2009 hingga Maret 2010. Sasaran dari penelitian ini adalah kelas VIle yang dianggap memiliki motivasi yang cukup baik, namun pre stasi belajamya masih berada di bawah kelas yang lainnya. Diharapkan dengan penelitian ini akan terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Data yang diperoleh pada penelitian ini bersumber pada observasi yang dilakukan oleh guru kolaborator, wawancara terhadap kepala sekolah, guru dan siswa, angket motivasi, serta tes hasil belajar untuk mengetahui peningkatan pre stasi siswa. Setelah semua data terkumpul kemudian dilakukan analisis data. Pada penelitian ini terdapat dua analisis data yakni, kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk menghitung motivasi dan pre stasi siswa, sedangkan data kualitatif menggunakan teknik analisis Milles dan Hubberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Card Sort mampu meningkatkan motivasi dan pre stasi belajar siswa. Untuk motivasi siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari 75.65 menjadi 77.11. Pada siklus II juga mengalami peningkatan 74.074 menjadi 76.39, sedangkan untuk siklus III juga mengalami peningkatan dari 76.48 menjadi 79.1. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rerata nilai meningkat dari 51.1 menjadi 87.5, pada siklus II mengalami peningkatan dari 46.76 menjadi 66.8, sedangkan untuk siklus III meningkat dari 56 menjadi 82.9. Kendala-kendala yang dihadapi selama dilaksanakannya penelitian ini adalah komunikasi guru dengan siswa, perhatian dan bimbingan dari guru, penataan ruangan dan materi yang disampaikan pada tiap siklus, serta pengaruh waktu. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi, Peningkatan Prestasi, Model Card Sort (Sortir Kartu)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item