PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KAMPUNG LAUT, CILACAP TAHUN AJARAN 2008-2009

Maryatun (2010) PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KAMPUNG LAUT, CILACAP TAHUN AJARAN 2008-2009. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KAMPUNG LAUT, CILACAP TAHUN AJARAN 2008-2009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk pembangunan. Kemajuan teknologi dan ilmu mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan kearah yang lebih komplek. Kenyataan sekarang menunjukkan siswa cenderung pasif dalam kegiatan belajar mengajar dan selama ini masih ada guru IPS yang hanya menggunakan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan pre stasi belajar IPS materi sejarah antara yang menggunakan mind mapping dengan yang ceramah di kelas VIII SMP N 2 Kampung Laut, Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Kampung Laut, Cilacap yang berjumlah 172 siswa. Sampel dalam penelitian ini 67 siswa atau 60% dari 172 siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas VIllA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontroI. Teknik pengurilpuIan data dengan menggunakan test pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPS materi sejarah siswa yang menggunakan metode mind mapping dan yang menggunakan metode ceramah. Pre stasi belajar sejarah siswa yang menggunakan mind mapping reratanya lebih tinggi dari pada dengan metode ceramah dengan uji t, ditunjukkan dengan nilai t hitung 3.583 lebih besar dari t tabel sebesar 1.669 pada tafar signifikansi 5 %. Rata-rata nilai post test kelas eksperimen 7.05 dan kelas kontrol 6.27. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping lebih efektif secara signifikan dari pada yang menggunakan metode ceramah dilihat dari prestasi pembelajaran IPS materi sejarah antara metode mind mapping dengan ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 2 Kampung Laut, Cilacap tahun ajaran 2008/2009. Kata kunci: prestasi pembelajaran, mind mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item