Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII

Faizah, Arifatul (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arifatul-faizah-13708251075.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar peserta didik SMP kelas VII, dan (2) efektivitas perangkat pembelajaran IPA berbasis PjBL dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan dari Borg & Gall terdiri atas tahapan prosedur pengembangan, yakni (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, dan (8) diseminasi produk. Subjek uji coba terbatas yaitu 30 peserta didik kelas VII B, sedangkan subjek uji coba lapangan yaitu 60 peserta didik kelas VII F dan VII G SMP Negeri 1 Sleman. Pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah soal keterampilan proses sains, soal prestasi belajar, lembar observasi keterampilan proses sains, penilaian proyek, lembar keterlaksanaan proses pembelajaran, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD. Hasil penilaian lembar observasi dan angket dikonversi menggunakan skala 5. Hasil pencapaian keterampilan proses sains dan prestasi belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan gain score. Hasil uji terbatas dianalisis dengan uji paired t-test, dan hasil uji lapangan dianalisis dengan uji MANCOVA. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perangkat pembelajaran IPA berbasis PjBL yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar peserta didik SMP kelas VII. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian kelayakan silabus dengan kategori sangat baik serta RPP, LKPD, dan penilaian otentik dengan kategori baik. (2) Perangkat pembelajaran IPA berbasis PjBL yang efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, project-based learning, keterampilan proses sains, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:06
Last Modified: 09 May 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28298

Actions (login required)

View Item View Item