KEBIJAKAN POLITIK AUSTRALIA ANALISIS TERHADAP PERANAN AUSTRALIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (1945-1949)

Rohmawan, Irfan Dwi (2010) KEBIJAKAN POLITIK AUSTRALIA ANALISIS TERHADAP PERANAN AUSTRALIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (1945-1949). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
KEBIJAKAN POLITIK AUSTRALIA ANALISIS TERHADAP PERANAN AUSTRALIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (1945-1949).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk: mendeskripsikan dan menganalisis Kebijakan politik Australia: analisis terhadap peranan Australia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945-1949. Skripsi ini terdiri atas tiga pennasalahan yang akan dibahas yaitu: (1) Bagaimana hubungan antara Australia dengan Hindia Belanda sebelum kemerdekaan Republik Indonesia; (2) Mengapa Australia memberikan dukungan pada Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya; (3) Bagaimana kebijakan politik Australia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia 1945-1949. Penulisan skripsi ini menggunakan metode sejarah kritis yang terdiri dari empat langkah, menurut Nugroho Notosusanto, yaitu: (1) Heuristik, kegiatan menghimpun jejak-jejak atau sumber-sumber sejarah, (2) Kritik Sumber, kegiatan meneIiti jejak-jejak atau sumber-sumber sejarah yang teIah dihimpun sehingga diperoleh sumber-sumber yang otentik dan terpercaya, (3) Interpretasi merupakan penelaahan terhadap fakta-fakta sejarah, (4) Historiografi untuk: menyampaikan sintesa yang diperoleh dalam bentuk: karya tulis sejarah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan politik Australia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia telah berpengaruh dalam pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Australia merupakan tetangga dekat Indonesia, sebelum kemerdekaan Republik Indonesia hubungan antara Australia dengan Republik Indonesia yang sebelumnya disebut Hindia Belanda berlangsung tenang dan kurang bersimpati karena adanya kekuasaan kolonial Hindia Belanda serta masih kuatnya tradisi Ke-Inggrisan di Australia. Setelah Republik Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya Australia mulai mendukung kemerdekaan Indonesia. Kebijakan politik Australia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia telah menimbulkan pengaruh yaitu berakhirnya konflik Indonesia dan Belanda, adanya pengakuan kedaulatan kemerdekaan Republik Indonesia oleh negara-negara di dunia serta adanya arah baru hubungan diplomatik antara Australia dengan Republik Indonesia. Kata kunci: Kebijakan Pelitik, Australia, 1945-1949.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Nov 2015 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 05:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28279

Actions (login required)

View Item View Item