Analisis Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VII dan SMA Kelas X

Utami, Asih putri (2015) Analisis Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VII dan SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asih-putri-utami-13706259034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter pada buku siswa Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X, yang meliputi: (1) nilai-nilai pendidikan karakter dan (2) integrasi nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian analisis konten. Sumber data penelitian ini adalah buku siswa Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X. Objek penelitian adalah nilai pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan dan pencatatan dengan menekankan pada wujud dan integrasi nilai-nilai pendidikan karakter. Analisis data dilakukan dengan metode pengadaan data, pengurangan (reduksi data), analisis, dan inferensi. Validitas data yang digunakan adalah validitas semantik dan reliabilitas data dilakukan dengan teknik intrarater dan interrater. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku siswa Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X terdiri atas lima kategori: (a) nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan Tuhan: nilai amal saleh, syukur, tawakal; (b) nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri: jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, kritis, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, tanggung jawab, dan percaya diri; (c) nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan sesama: toleransi, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, sopan santun, dan kerja sama; (d) nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan lingkungan: peduli lingkungan dan pedulis sosial; (e) nilai karakter manusia dalam hubungannya dengan bangsa: semangat kebangsaan/nasionalisme dan cinta tanah air. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam buku siswa Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X. Pengintegrasian ini dilihat berdasarkan empat komponen keterampilan berbahasa dan bersastra, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. Secara keseluruhan nilai integrasi pendidikan karakter dalam buku siswa yang dianalisis lebih banyak terdapat pada aspek keterampilan membaca dan menulis daripada keterampilan menyimak dan berbicara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, buku siswa, pelajaran bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:06
Last Modified: 14 Nov 2022 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28273

Actions (login required)

View Item View Item