KEEFEKTIFAN STRATEGI BRAINSTORM SHEET (LEMBAR GAGAS) DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SUGESTIF KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON

Hanifah, Komarul (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI BRAINSTORM SHEET (LEMBAR GAGAS) DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SUGESTIF KELAS XI SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi komarul hanifah 11201244019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi lembar gagas dan yang tidak menggunakan strategi lembar gagas. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah strategi lembar gagas efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif atau tidak. Strategi lembar gagas dipilih untuk mengarahkan dan memudahkan siswa dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control groups design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Sewon. Penentuan sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan siswa kelas XI Tekstil 1 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas XI Multimedia 2 sebagai kelompok eksperimen. Tes berupa pretes dan postes. Soal dalam penelitian ini berupa soal menulis narasi sugestif. Pengujian hasil penelitian dengan program SPSS 16.0. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi lembar gagas dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi lembar gagas. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data postes kemampuan menulis narasi sugestif pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menunjukkan thitung sebesar -12,096 dengan df 56 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi lembar gagas efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Sewon. Keefektifan strategi lembar gagas dapat dilihat dari uji-t pretes dan postes pada kelompok eksperimen yang diperoleh thitung sebesar -10,363 dengan df 30 dan p sebesar 0,000 (p<0,05) serta terdapat kenaikan skor rerata pada kelompok eksperimen yaitu 6,7741 yang lebih besar daripada kenaikan skor rerata kelompok kontrol yaitu 1,037.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28272

Actions (login required)

View Item View Item