HUBUNGAN PRESTASI MATA PELAJARAN KEJURUAN DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Arip, Susanto (2011) HUBUNGAN PRESTASI MATA PELAJARAN KEJURUAN DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstract_In_English.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan dan sumbangan variabel prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XI jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta jurusan Teknik Mekanik Otomotif tahun ajaran 2010/2011 dengan populasi 92 siswa yang terdiridari 4 kelas. Jumlah sampel 4 kelas sebanyak 92 siswa ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan mengambil taraf kesalahan 5% diperoleh besar sampel 73 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampelnya dengan sistem proportional random sampling. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Korelasi Product Moment, Analisis Korelasi Parsial, dan Analisis Regresi Dua Prediktor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XI jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Hubungan antara variabel prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan mental kerja sebesar 0,285, rasa percaya diri dengan kesiapan mental kerja siswa sebesar 0,307, dan korelasi antara prestasi mata pelajaran kejuruan dan rasa percaya diri secara bersama-sama dengan kesiapan mental kerja siswa sebesar 0,403. Hasil analisis regresi dua prediktor diperoleh F hitung 6,780 > F tabel 3,43 , dengan koefisien determinan 0,162. Besarnya sumbangan efektif masing-masing prediktor terhadap kesiapan mental kerja siswa adalah sebagai berikut : variabel prestasi mata pelajaran kejuruan sebesar 6,781%, variabel rasa percaya diri sebesar 9,447%, dan secara bersama-sama sumbangan efektif kedua prediktor tersebut sebesar 16,228%. Disarankan agar pihak sekolah menciptakan suasana belajar yang mendukung tercapainya prestasi belajar yang maksimal dan selalu memperhatikan perilaku-perilaku siswa terutama dalam aspek psikologis agar tingkat kesiapan mental kerja siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item