Falen Twinka, Dila (2015) PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Falen Twinka Dila_11101241027.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan dan jiwa kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banguntapan meliputi; (1) pengelolaan kurikulum berbasis lingkungan; (2) implementasi pembelajaran berbasis lingkungan; (3) jiwa kewirausahaan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan bulan April s.d Mei 2015 di SMA N 2 Banguntapan. Informan pada penelitian ini adalah guru biologi kelas sepuluh dan sebelas dan guru ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode kemudian data yang diperoleh dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengelolaan kurikulum berbasis lingkungan di SMA Negeri 2 Banguntapan, terbagi menjadi 3 tahap yaitu perencanaan meliputi merancang RPP dan silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berbasis lingkungan pada setiap mata pelajaran, pelaksanaan meliputi pendidik mengaplikasikan isu lingkungan dan menanamkan tanggung jawab lingkungan. Menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pada tahap evaluasi, meliputi tujuan, isi dan metode pembelajaran; (2) implementasi pembelajaran berbasis lingkungan pada intrakurikuler biologi dan ekstrakurikuler karya ilmiah remaja (KIR) dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sudah berjalan dengan baik dapat dilihat pada, sebagai bahan ajar pada materi ekosistem dan keanekaragaman hayati, pengamatan suplir, mangga dan anggrek dalam kegiatan praktik serta membuat karya ilmiah yang inovatif terkait lingkungan di antaranya kompos, kerajinan dan ice cream ubi; (3) dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan peserta didik pada biologi dan karya ilmiah remaja (KIR) yaitu sikap kreatif, mandiri, kepemimpinan, berani beresiko, berorientasi pada tindakan sudah tercermin atau terlihat pada diri peserta didik dalam kegiatan belajar serta pemanfaatan lingkungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 16 Nov 2015 04:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28261 |
Actions (login required)
View Item |