Analisis Gaya Kepemimpinan Haryadi Suyuti Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Yogyakarta

Satria, Wahyudi Iman (2015) Analisis Gaya Kepemimpinan Haryadi Suyuti Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Analisis Gaya Kepemimpinan Haryadi Suyuti Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Yogyakarta (09417144021).swf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model gaya kepemimpinan yang diterapkan Haryadi Suyuti sebagai walikota dalam menyelenggarakan Pemerintahan Kota Yogyakarta. Desain penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek utama penelitian adalah Haryadi Suyuti selaku Walikota Yogyakarta, Kepala Bagian Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, serta staff ahli walikota Yogyakarta. Instrumen peneliti adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun teknis analisis data yang digunakan melalui empat tahap yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Haryadi Suyuti adalah gaya kepemimpinan pemerintahan demokratis. Kepemimpinan Haryadi Suyuti yang demokratis ditandai dengan adanya sifat keterbukaan beliau pada saat memimpin yang menyebabkan bawahan merasa dihargai, nyaman dan akrab terhadap pimpinan. Gaya demokratis Haryadi Suyuti dapat dilihat dari lima aspek yaitu perumusan visi dan misi, pengambilan keputusan/kebijakan, komunikasi, koordinasi dan motivasi. Dalam perumusan visi dan misi, cara yang digunakan Haryadi Suyuti dalam melibatkan berbagai pihak dan stakeholder merupakan sifat sebagai pemimpin yang terbuka kepada banyak pihak. Dalam pengambilan keputusan/kebijakan, Haryadi Suyuti selalu melibatkan bawahan yang terkait dalam bidangnya. Dalam berkomunikasi kepada bawahan, Haryadi Suyuti menggunakan bahasa-bahasa yang komunikatif dan akrab terhadap bawahannya. Dalam berkoordinasi kepada bawahan, Haryadi Suyuti melalui koordinasi rutin dan koordinasi insidental. Dalam memberikan motivasi kepada bawahan, Haryadi Suyuti tidak mengedepankan pemberian materi. Namun lebih kepada pujian, penghargaan dan apresiasi program. Sedangkan dalam hal melihat tingkat kematangan bawahan yang dilakukan oleh Haryadi Suyuti kepada pegawai, beliau menjelaskan bahwa penugasan maupun pendelegasian tugas yang beliau berikan pada dasarnya akan melihat dari tingkat pengetahuan dan pengalaman kerja pada pegawai yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 16 Nov 2015 04:06
Last Modified: 16 Nov 2015 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item