KONTRIBUSI PARTISIPASI GURU DALAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DAN INTENSITAS SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Diaz, Wiryawan (2015) KONTRIBUSI PARTISIPASI GURU DALAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DAN INTENSITAS SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DIAZ WIRYAWAN_10101241002.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi partisipasi guru dalam KKG terhadap kinerja guru; (2) kontribusi intensitas supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja guru; dan (3) kontribusi partisipasi guru dalam KKG dan intensitas supervisi akademik oleh pengawas secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Populasi penelitian adalah semua guru kelas Sekolah Dasar yang mengikuti KKG se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 136 guru, secara proporsional random sampling berdasarkan tabel Krecjie Morgan pada taraf signifikansi 5%, diperoleh 109 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kontribusi partisipasi guru dalam KKG terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta sebesar 10,4%. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,104, dengan koefisien thitung sebesar 3,519 pada taraf signifikan 5%. (2) Kontribusi intensitas supervisi oleh pengawas terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta sebesar 25,8%. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,258, dengan koefisien thitung sebesar 6,098 pada taraf signifikan 5%. (3) Kontribusi antara partisipasi kelompok kerja guru dan intensitas supervisi oleh pengawas secara bersama-sama terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta sebesar 31,5%. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,315, dengan koefisien Fhitung sebesar 24,358 pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28254

Actions (login required)

View Item View Item