PENGELOLAAN PROGRAM KELAS KHUSUS BAGI ANAK CERDAS ISTIMEWA (CI) DI SD NEGERI UNGARAN 1 YOGYAKARTA

Diah Arlita, Oktaviany (2015) PENGELOLAAN PROGRAM KELAS KHUSUS BAGI ANAK CERDAS ISTIMEWA (CI) DI SD NEGERI UNGARAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DIAH ARLITA OKTAVIANY_11101241022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan program kelas khusus Cerdas Istimewa (CI) yang meliputi tiga komponen, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah koordinator program, kepala sekolah, guru kelas yang berjumlah tiga orang, dua orang tua dan lima peserta didik kelas khusus Cerdas Istimewa (CI). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta selama bulan Februari-Maret 2015. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian pengelolaan program kelas khusus Cerdas Istimewa (CI) di SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta menunjukkan bahwa program ini memiliki berbagai kekurangan di beberapa aspeknya, sehingga dibutuhkan tindakan perbaikan agar program kelas khusus Cerdas Istimewa (CI) dapat menjadi wadah pengembangan potensi peserta didik cerdas istimewa secara maksimal. Pengelolaan program ini meliputi: (1) Perencanaan peserta didik sebagian besar dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Universitas Gadjah Mada, perencanaan guru dilakukan oleh pihak SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta dengan memilih salah satu guru di SD tersebut, perencanaan kurikulum CI dilakukan oleh sekolah dengan melibatkan para pakar; (2) Pelaksanaan pembinaan kurikuler dan ekstrakurikuler peserta didik belum sejalan dengan kurikulum CI, pembinaan guru tidak berbeda dengan guru kelas reguler dan pengembangannya melalui diklat, mencari informasi melalui buku, internet maupun berdiskusi dengan guru inklusi dari sekolah lain, pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan proses interaksi antara guru dan peserta didik dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pembelajaran dan penutup; (3) Pengawasan program dilakukan oleh pihak kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang bertujuan untuk mengambil keputusan manajerial terkait program dan dilakukan oleh pengawas SD yang bertujuan untuk supervisi terhadap guru kelas khusus Cerdas Istimewa (CI).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 03:29
Last Modified: 30 Jan 2019 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28247

Actions (login required)

View Item View Item