PENGELOLAAN ALAT PRAKTIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Dewi, Cahyani (2015) PENGELOLAAN ALAT PRAKTIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Cahyani_11101241038.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan alat praktik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian yang hanya dilakukan di satu sekolah ini dapat dikatakan merupakan suatu studi kasus yang jika dilihat dari tujuan keilmuannya termasuk penelitian deskriptif yang tidak menjelaksan hubungan sebab-akibat antar variabel. Oleh karena data yang akan dihimpun mencakup prosedur pengelolaan, mekanisme dan sarana penyimpanan serta kondisi alat praktik, serta dokumentasi proses pengelolaan alat praktik, maka data dihimpun menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Khusus untuk wawancara yang menjadi informan utamanya adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Kepala Jurusan, dan pengelola alat praktik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan alat praktik (perencanaan pengadaan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, dan penghapusan) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilakukan oleh masing-masing jurusan; (2) Perencanaan kebutuhaan alat praktik dilakukan oleh jurusan masing-masing melalui rapat koordinasi jurusan yang melibatkan guru dan tool man, yang menentukan kebutuhan alat praktik berdasarkan evaluasi kondisi alat praktik yang ada menurut kebutuhan setiap mata pelajaran. Hasil rapat dibuat dalam bentuk proposal yang diajukan ke sekolah. Di sekolah rencana pengadaan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia dalam Rancangan Kegiatan Anggaran Sekolah yang berasal dari SPP siswa, bantuan pemerintah, dan bantuan yayasan. Berdasarkan anggaran yang tersedia sekolah menentukan skala prioritas alat praktik yang akan dibeli pada tahun berjalan atau ditangguhkan pembeliannya. Proses pengadaannya sendiri dilakukan oleh jurusan, karena jurusan yang mengetahui spesifikasi alat praktik; (3) Alat praktik baru yang masuk ke sekolah dari hasil pembelian dan sumbangan dicatat oleh koordinator bengkel dan tool-man jurusan menggunakan koding yang berbeda antar jurusan; (4) alat praktik disimpan di gudang penyimpanan masing-masing jurusan, (5) Penggunaan alat praktik dikoordinasikan oleh kordinator bengkel dan tool-man masing-masing jurusan. Kedua petugas ini yang mengatur jadwal penggunaan alat praktik, dan (6) Pemeliharaan alat praktik dilakukan melalui prosedur maintenence and repair (MR) oleh koordinator bengkel dan tool-man jurusan serta guru dan siswa. Pemeliharaan dan perbaikan alat yang rusak dilakukan berrdasarkan jadwal harian, mingguan, bulanan, dan tahunan yang telah ditetapkan, kecuali bersifat darurat. Jadi secara keseluruhan pengelolaan alat praktik di SMK Muhammadiah 3 Yogyakarta dari mulai perencanaan kebutuhan sampai penghapusan dilakukan oleh jurusan dengan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah, kecuali dalam penetapan anggaran yang dilakukan di tingkat sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item