PERAN GURU PENDIDIKAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA BULLYING DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Wigayatri A., Shinta (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA BULLYING DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 08401241008.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah terjadinya bullying di SMK Negeri 6 Yogyakarta. (2) hambatan dalam upaya mencegah terjadinya bullying di SMK Negeri 6 Yogyakarta, dan (3) solusi dalam upaya mencegah terjadinya bullying di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian, yaitu (1) 1 Kepala Sekolah SMK N 6 Yogyakarta; (2) 2 Guru PKn SMK N 6 Yogyakarta; (3) 3 Siswa SMK N 6 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross check data. Teknik analisis data dengan teknik analisis data induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah terjadinya bullying di SMK N 6 Yogyakarta meliputi aspek civic knowledge yaitu guru menyisipkan pengertian, dampak, atau pemahaman tentang bullying dalam materi HAM secara situasional, civic skills yaitu guru melatih siswa agar merespon dengan melaporkan kepada guru ketika ada tindakan bullying di sekolah, civic disposition yaitu bagaimana guru memberikan teladan yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai panutan. Kedua, hambatan yang dihadapi oleh guru pendidikan kewarganegaraan dalam mencegah terjadinya bullying di SMKN 6 Yogyakarta meliputi hambatan internal yaitu hambatan yang berasal dari diri guru sendiri dan hambatan eksternal yaitu yang berasal dari luar. Ketiga, solusi untuk mengatasi hambatan dalam mencegah terjadinya bullying di SMK Negeri 6 Yogyakarta adalah dengan tindakan yang bersifat preventif, kuratif, dan represif. Kata Kunci: Guru, Upaya Pencegahan, Bullying

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 16 Nov 2015 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28243

Actions (login required)

View Item View Item