Chrisma Fauzul, Mahfudiani (2015) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Chrisma Fauzul Mahfudiani_11101241021.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas pemanfaatan laboratorium IPA di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman, yang meliputi aspek efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium IPA dan efektivitas pemanfaatan alat laboratorium IPA di SMA Negeri Sekabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan responden siswa berjumlah 302 sebagai sampel dari populasi 1418 siswa dan responden guru IPA berjumlah 92 orang(populasi). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium IPA masuk kategori efektif (80,3%), yang terdiri dari aspek-aspek sebagai berikut: (1) memperkuat pemahaman siswa masuk kategori efektif (82,9%), (2) menumbuhkan sikap ilmiah siswa masuk kategori efektif (76,1%), (3) melatih keterampilan siswa masuk kategori efektif (84,0%). Selanjutnya efektivitas pemanfaatan alat laboratorium IPA masuk kategori efektif (77,9%), terdiri dari rasional pemanfaatan alat praktikum masuk kategori efektif (77,3%), dan pelaksanaan prosedur penggunaan alat praktikum masuk kategori efektif (78,0%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 08:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28221 |
Actions (login required)
View Item |