RELEVANSI SILABUS MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DI BENGKEL SEPEDA MOTOR

Arfan Hendri, Purwono (2011) RELEVANSI SILABUS MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DI BENGKEL SEPEDA MOTOR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_RELEVANCE_OF_SYLLABUS�%80%99S_SUBJECT_OF_SKILLS_COMPETENCY_PRODUCTIVE_ENGINERING_MOTORCYCLE_EDUCATION_CURRICULUM_LEVEL_UNITS_IN_SMK_DIPENOGORO_DEPOK_SLEMAN_WITH_COMPETENCE_REQUIREMENT_IN_MOTORCYCLE_REPARATION.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesesuaian atau relevansi silabus mata pelajaran produktif kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan dan diajarkan di SMK Diponegoro Depok Sleman dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja yaitu bengkel sepeda motor yang ada di Kabupaten Sleman. Penelitian ini juga bermaksud untuk mengetahui kompetensi yang diajarkan kepada siswa tetapi tidak dibutuhkan oleh bengkel sepeda motor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah bengkel resmi sepeda motor Ahass Honda, Yamaha, dan Kawasaki di wilayah kabupaten Sleman sebanyak 60 bengkel. Sampel yang diambil berjumlah 31 bengkel dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Penghitungan jumlah sampel menggunakan nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 10% atau tingkat kepercayaan 90%. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan empat pilihan jawaban bergradasi. Validasi instrumen angket penelitian melalui teknik Expert Judgment. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach yang dihitung menggunakan program komputer SPSS 17. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase dengan kategori penilaian relevan (76-100%), cukup relevan (56-75%), kurang relevan (40-55%), dan tidak relevan (<40%). Hasil penelitian menunjukkan rerata relevansi mata pelajaran produktif kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor kurikulum tingkat satuan pendidikan SMK Diponegoro Depok Sleman dengan kompetensi yang dibutuhkan di bengkel sepeda motor termasuk kategori relevan yaitu sebesar 81,73%. Sebanyak 26 responden atau 83,37% menyatakan relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan di bengkel sepeda motor. Secara keseluruhan sebagian besar mata pelajaran produktif Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor yang diajarkan di SMK Diponegoro Depok Sleman dibutuhkan oleh bengkel sepeda motor. Dari 27 kompetensi yang diajarkan, sebanyak 21 kompetensi termasuk kategori relevan dan terdapat 6 kompetensi yang termasuk cukup relevan. Kompetensi yang termasuk kategori cukup relevan adalah Memahami Proses-proses Dasar Pembentukan Logam (64,78%), Menginterpretasikan Gambar Teknik (74,19%), Melakukan Perbaikan Sistem Hidrolik (64,52%), Memperbaiki Sistem Gas Buang (64,52%), Menginterpretasikan Gambar Teknik Melalui Komputer (60,48%), dan Melaksanakan Pekerjaan Pengecatan (59,68%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item