HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TK KELOMPOK B DI KELURAHAN MOROREJO KECAMATAN TEMPEL SLEMAN

Marlina, Muslikhatun (2015) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TK KELOMPOK B DI KELURAHAN MOROREJO KECAMATAN TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan keterampilan berbicara anak TK kelompok B di Kelurahan Mororejo KecamatanTempel Sleman. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada anak TK Kelompok B di Kelurahan Mororejo Kecamatan Tempel Sleman diketahui bahwa terdapat permasalahan-permasalahan dalam perkembangan keterampilan berbicara anak. Permasalahan-permasalahan ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu peran pola asuh orangtua, khususnya pola asuh demokratis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitiannya adalah 48 anak TK Kelompok B beserta 48 orangtua/ wali muridnya di Kelurahan Mororejo Kecamatan Tempel Sleman yang terdiri dari tiga sekolah yaitu TK ABA Durensawit, TK ABA Kragan, dan TK ABA Plumbon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan skala dengan instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala pola asuh demokratis. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis data inferensial dengan teknik product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan keterampilan berbicara anak TK kelompok B di Kelurahan Mororejo Kecamatan Tempel Sleman, ditunjukkan dengan tingkat penerapan pola asuh demokratis yang tinggi dan keterampilan berbicara anak yang juga tinggi. Hasil penghitungan uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) untuk hubungan pola asuh demokratis dengan keterampilan berbicara anak menunjukkan angka 0,614, maka hasil penelitian tersebut sesuai dengan hipotesis dalam penelitian ini yakni adanya hubungan yang signifikan antara hubungan antara pola asuh demokratis dengan keterampilan berbicara anak. Kata kunci: pola asuh demokratis, keterampilan berbicara anak, kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28203

Actions (login required)

View Item View Item