PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TASALAM)NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL

Khusna Diaz, Damayanti (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TASALAM)NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Khusna Diaz Damayanti_11111241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam pelaksanaan pembelajaran konstruktivistik pada anak di TA SALAM. Pembelajaran konstruktivistik merupakan pembelajaran yang membebaskan anak untuk berpikir secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasusdengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan 24 subjek yang terdiri dari 18 anak, 4 guru, 1 ketua PKBM (Proses Kegiatan Belajar Mengajar), dan 1 ketua yayasan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan alat bantu observasi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman alat bantu observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) TA SALAM memilih pembelajaran konstruktivistik karena membebaskan anak dalam menggali pemahaman tentangperistiwa yang ditemukan anak; 2) Kegiatan pembelajaran berupaperencanaan pembelajaran melibatkan anak dalam menentukan tema dan anak memberikan ide, pelaksanaan berupa kegiatan anak aktif melakukan kegiatan, aktif berpikir, dan menyusun konsep tentang hal-hal yang sedang dipelajari, dan evaluasiyang dilakukan menggunakan penilaian autentik yang dilakukan dengan mengambil foto kegiatan yang dilakukan saat anak mengkonstruksi pengetahuan;3) Guru di TA SALAM berperan sebagai fasilitator, motivator, dan menggali pengetahuan anak; dan 4) Faktor pendukung pembelajaran yaitu, lingkungan alam mendukung anak untuk bereksplorasi, guru sebagai fasilitator memancing pengetahuan anak, dan media yang terbuat dari barang bekas; 5) Sedangkan faktor penghambat yaitu, anak kurang terfasilitasi secara individu dan jumlah guru yang terbatas. Kata kunci: pembelajaran, konstruktivistik, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 05:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28202

Actions (login required)

View Item View Item