PENGEMBANGAN WEBSITE EDUKASI MELALUI FLASH PROJECT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATERI FISIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hidayatulloh, Wahyu (2015) PENGEMBANGAN WEBSITE EDUKASI MELALUI FLASH PROJECT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATERI FISIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
wahyu hidayatuloh_13 Juli 2015.doc

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)memperoleh media pembelajaran website edukasi melalui Flash Project untuk materi relativitas yang layak digunakan di dalam pembelajaran fisika (2)mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran website edukasi melalui Flash Project untuk materi relativitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (define, design, develop dan disseminate) Thiagarajan dan Semmel.Tahap definemerupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap designdilakukan dengan mengembangkan rancangan awal produk serta instrumen penelitian. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan produk setelah direvisi berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk yang dikembangkan diujikan di SMAN 1 Banjarnegara pada 4 kelas (121 peserta didik). Teknik sampling yang digunakan menggunakan purposive sampling. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarkan produk kepada guru fisika SMAN 1 Banjarnegara guna penyebaran produk pada skala yang lebih luas. Setelah dilakukan penelitian disimpulkan bahwa : (1)Diperolehproduk media pembelajaran website edukasi melalui Flash Project untuk materi relativitas yang layak digunakan di dalam pembelajaran fisika dengan tingkat kelayakan diketahui berdasarkan rerata Indeks Validitas Aiken pada seluruh aspek (aspek kelayakan isi, kualitas isi dan tujuan, bahasa dan tampilan, penyajian, dan kualitas instruksional) yaitu 0,74, sehingga produk yang dikembangkan layak dan baik digunakan dalam pembelajaran fisika(2)Respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran website edukasi melalui Flash Project untuk materi relativitas diketahui berdasar rerata ideal pada keseluruhan aspek (kebahasaan, kualitas tampilan, penyajian, kualitas instruksional) yaitu 3,31 termasuk ke dalam kategori baik, sehingga respon yang diberikan peserta didik terhadap penggunaan produk yang dikembangkan adalah baik. Kata Kunci :Flash Project, Media Pembelajaran, Teori Relativitas Khusus, Website

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28182

Actions (login required)

View Item View Item