PENGEMBANGAN E-MODULE (ELECTRONIC MODULE) YANG DILENGKAPI DENGAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SEMESTER 2

Hayati, Tri (2015) PENGEMBANGAN E-MODULE (ELECTRONIC MODULE) YANG DILENGKAPI DENGAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SEMESTER 2. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tri hayati.doc

Download (82kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video, 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video ini mengadaptasi model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan dan Semmel yang terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini tidak disebarluaskan ke skala yang lebih luas, maka penelitian hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Adapun subjek penelitian untuk uji pengembangan adalah siswa kelas XI IPA 1, 2 dan 3 yang berjumlah 85 orang di MAN Yogyakarta 1. Produk yang dikembangkan yaitu e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video. Hasil penelitian ini antara lain : 1) kelayakan e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video didasarkan pada penilaian ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen ahli dan guru fisika SMA/MA, e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video telah memenuhi syarat validitas isi dengan experts. Rata-rata respon siswa terhadap e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video termasuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 94,2 sehingga e-module (electronic module) yang dilengkapi dengan video dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri dalam proses pembelajaran fisika. 2) Rata-rata peningkatan motivasi siswa dengan gain 0,08 berada pada kategori rendah. 3) Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan gain 0,54 berada pada kategori sedang. Apabila peningkatan hasil belajar dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, maka siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 51,76%. Kata kunci : e-module (electronic module), video, motivasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:36
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28180

Actions (login required)

View Item View Item