PENGEMBANGAN POCKET BOOK PLUS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Yulianti, Titi (2015) PENGEMBANGAN POCKET BOOK PLUS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
titi yulianti.doc

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pocket book plus, mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan pocket book plus dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pocket book plus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development). Pengembangan pocket book plus ini mengadaptasi model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan dan Semmel yang terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini produk tidak disebarluaskan ke skala yang lebih luas, maka penelitian hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Kata plus dalam kalimat poket book plus dimaksudkan dalam pengembangan poket book yang dilengkapi LKS untuk pedoman percobaan. Adapun subjek penelitian untuk uji pengembangan adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumalah 35 orang di MAN Yogyakarta 1. Intrumen dalam penelitian ini diantaranya intrumen validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa, angket kemandirian, dan lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis untuk mengetahui kelayakan pocket book plus berdasarkan penilaian validator dan untuk mengetahui peningkatan kemandirian serta keterampilan proses sains menggunakan perhitungan gain. Hasil penelitian ini antara lain : kelayakan pocket book plus berdasarkan pada penilaian ahli materi yang memiliki kategori sangat baik dan baik dengan jumlah skor 163 dan 144, penilaian ahli media memiliki kategori baik dengan jumlah skor 77 dan 73. Rata-rata respon siswa terhadap pocket book plus termasuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 84,97. Sehingga pocket book plus layak digunakan sebagai media yang berisi bahan ajar dalam proses pembelajaran fisika. Rata-rata peningkatan kemandirian siswa dengan gain 0,09 berada pada kategori rendah. Rata-rata peningkatan keterampilan proses sains terdiri dari 1) menyusun hipotesis dengan gain 0,47 berada pada kategori sedang 2) mengidentifikasi variabel dengan gain 0,61 berada pada kategori sedang 3) membuat grafik dengan gain 0,31 berada pada kategori sedang, dan 4) membuat kesimpulan dengan gain 0,31 berada pada kategori sedang. Kata kunci : pocket book plus, kemandirian, keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28179

Actions (login required)

View Item View Item