PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN TSUNAMI BAGI SISWA SMA DI KULON PROGO UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN

Saputro, Riadi Agung (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN TSUNAMI BAGI SISWA SMA DI KULON PROGO UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
riadi agung s_26 juni 2015.doc

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Untuk mengidentifikasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Fisika yang dapat diintegrasikan dengan pendidikan kebencanaan tsunami.(2). Untuk menghasilkan perangkat modul pembelajaran Fisika SMA terintegrasi dengan pendidikan kebencanaan tsunami yang layak sehingga indikator-indikator pembelajaran dapat tercapai dan meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan.(3). Untuk mengetahui seberapa pemahaman siswa terhadap materi Fisika khususnya materi tentang Usaha dan energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 2 Wates, siswa, dan siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Lendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) menurut Thiagarajan. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Pada tahap design, dilakukan perancangan produk awal perangkat dan media pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami. Pada tahap develop dilakukan validasi ahli dan uji coba pengembangan yang melibatkan 2 dosen ahli media dan materi, 3 guru fisika dan siswa subjek penelitian hingga diperoleh produk akhir perangkat pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tsunami.Tahap disseminate tidak dilaksanakan. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil validasi produk, keterlaksanaan RPP, penguasaan materi fisika dan kebencanaan tsunami, dan peningkatan kesadaran bahwa siswa tinggal di daerah rawan bencana tsunami dan kesiapsiagaan terhadap tsunami. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Teridentifikasi 4 KD dari KI yang berpotensi diintegrasikan pendidikan kebencanaan tsunami, yaitu: KD 3.4 dan 4.1 kelas XI, dan KD 3.1 dan 3.2 kelas XII. (2) Dihasilkan Modul pembelajaran fisika terintegrasi dengan pendidikan kebencanaan tsunami di SMA sebagai produk utama dan silabus & RPP sebagai produk pendukung yang layak digunakan untuk meningkatkan kesadaran serta kesiapsiagaan terhadap bencana tsunami.Modul pembelajaran fisika terintegrasi dengan pendidikan kebencanaan tsunami dapat meningkatkan kesadaran siswa yang tinggal di daerah rawan bencana tsunami dan kesiapsiagaan terhadap bencana tsunami dengan kategori sedang. (3) Pemahaman materi Fisika bab Usaha dan Energi siswa kelas XI IPA 1 SMA N 2 Waates tergolong sedang, sedangkan pemahaman materi Fisika bab Usaha dan Energi siswa kelas XI IPA 1 SMA N 1 Lendah tergolong rendah. Kata-kata kunci: Modul pembelajaran, media pembelajaran, Research and Development, Kesadaran, Kesiapsiagaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28177

Actions (login required)

View Item View Item