PENGARUH PERMAINAN BALON-BALON PINTAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Fitri, Ria Nur (2015) PENGARUH PERMAINAN BALON-BALON PINTAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ria nur fitri.doc

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar dan pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan, (2) peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar dan pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan, (3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar dan pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan, dan (4) peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar dan pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Sewon. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling, yakni kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen (dengan permainan balon-balon pintar) dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol (tanpa permainan balon-balon pintar). Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta angket motivasi belajar untuk mengetahui motivasi belajar yang dimiliki peserta didik. Uji hipotesis untuk kemampuan berpikir kritis meggunakan Independent Sample T Test dan Nonparametric Test untuk motivasi belajar, sedangkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar dengan mencari nilai standar gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar dan pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan, (2) peningkatan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar tidak lebih tinggi daripada peningkatan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan, (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar dan pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan, dan (4) peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI dengan permainan balon-balon pintar lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI tanpa permainan. Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe GI, motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28176

Actions (login required)

View Item View Item