PERANAN PENGASUH DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH

Nurokhmah (2010) PERANAN PENGASUH DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PERANAN PENGASUH DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peranan pengasuh dalam membantu perkembangan perilaku sosial anak di Tempat Penitipan Anak Tungga Dewi. Meliputi peranan pengasuh untuk membantu perkembangan perilaku so sial anak dan mengetahui hambatan yang dialami pengasuh Tempat Penitipan Anak Tungga Dewi dalam kegiatan perkembangan perilaku sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pusat perhatiannya lebih menekankan pada teori sub stant if berdasarkan dari konsep-konsep yang timbul dari data empiris. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi langsung, metode wawancara mendalam (in-depth interviewing), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyaj ian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan TP A Tungga Dewi dalam membantu perkembangan perilaku so sial anak antara lain dengan pendidik mengajarkan: 1) Ketrampilan berkomunikasi, yaitu anak mampu menggunakan kata­ kata secara efektif; 2) Menjalin persahabatan, yaitu anak mampu bersosialisasi dengan baik; 3) Berperan serta dalam kelompok, yaitu anak belajar berkompromi; 4) Memiliki tata krama, yaitu anak mengerti sopan santun; 5) Melatih anak mengatasi konflik; yaitu anak beJajar menyelesaikan masalah; dan 6) Melatih anak percaya diri, yaitu anak dapat menghadapi situasi dalam pergaulan. Dari keenam kegiatan diatas anak diharapkan mampu menjadi makhluk sosial yang dapat bersosialisasi dengan baik sesuai dengan perkembangan perilaku sosialnya. Sedangkan hambatan berdasarkan penelitian, pendidik dalam TP A Tungga Dewi tidak ada hambatan yang berarti. Hanya Pengasuh harus bisa mengembangkan materi agar anak tidak bosan dengan kegiatan belajar sehari-hari. Kata kunci :Peranan TPA, Perilaku Sosial, Anak Pra Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:19
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28169

Actions (login required)

View Item View Item