PENGARUH BENTUK (POWDER, GRANULE DAN GRAVEL) KARBON AKTIF KAYU AKASIA MANGIUM TERHADAP HASIL PENGOLAHAN AIR SELOKAN MATARAM

Rizani, Ahmad (2015) PENGARUH BENTUK (POWDER, GRANULE DAN GRAVEL) KARBON AKTIF KAYU AKASIA MANGIUM TERHADAP HASIL PENGOLAHAN AIR SELOKAN MATARAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ahmad rizani.doc

Download (83kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bentuk karbon aktif terhadap debit airdan untuk mengetahui pengaruh bentuk karbon aktif (powder, granule dan gravel) kayu akasia terhadap efisiensi absorbsi pada proses penjernihan air Selokan Mataram. Ukuran butiran karbon aktif yang digunakan adalah 100 mesh, 8 mesh, dan 4 mesh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pertukaran ion pada tabung penukar ion yang dirancang sendiri dalam penyaringan air Selokan Mataram. Kejernihan air yang telah disaring diamati dengan mengukur intensitas transmisi cahaya dalam suatu bak penguji. Kemudian dibandingkan untuk setiap bentuk absorben dalam bentuk grafik sebagai fungsi bentuk absorben dan efisiensi absorbsi. Hasil penelitian menujukan semakin besar ukuran butiran karbon aktif yang digunakan sebagai bahan penyaring maka debit air saat proses penyaringan semakin besar. Karbon aktif dengan bentuk granule memiliki tingkat efisiensi absorbsi yang baik sebesar 73% pada massa 59.5 g. Kata kunci: Karbon aktif, powder, granule, gravel, efisiensi absorbsi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:49
Last Modified: 30 Jan 2019 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item View Item