PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI JEJARING SOSIAL TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Saputri, Kurnia Fatma (2015) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI JEJARING SOSIAL TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Kurnia Fatma Saputri_11108241110.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan aplikasi jejaring sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Gedongkiwo pada bulan Juni 2015 yang melibatkan dua jenis variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah penggunaan aplikasi jejaring sosial, sedangkan variabel terikat adalah kecerdasan sosial. Populasi penelitian ini adalah siswa SD kelas IV,V, dan VI SD N Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta pada tahun ajaran 2014/2015. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket. Uji validitas menggunakan validitas isi melalui experts judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dan ditemukan koefisien Alpha= 0,952 untuk variabel intensitas penggunaan jejaring sosial dan 0,926 untuk variabel kecerdasan sosial. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar -2.758 dengan signifikansi 0,007<0,05, maka hipotesis diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan intensitas penggunaan jejaring sosial terhadap kecerdasan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Bentuk pengaruh dari jejaring sosial terhadap kecerdasan sosial dapat digambarkan dengan persamaan garis regresi yang digunakan untuk memprediksi kecerdasan sosial berdasarkan intensitas penggunaan jejaring sosial adalah Ŷ= 99,560- 0,125X. Hal ini berarti bahwa variabel intensitas penggunaan jejaring sosial dapat memprediksikan variabel kecerdasan sosial. Bila intensitas penggunaan jejaring sosial ditingkatkan sampai nilai 1, maka kecerdasan sosial akan menjadi 80,56. Kata kunci: Jejaring Sosial, Kecerdasan Sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Nov 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28153

Actions (login required)

View Item View Item