PERANAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN BIDANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR (Studi Desktiptif di Kelas I SD N Minomartani 6, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta)

Fitri, Imerda (2015) PERANAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN BIDANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR (Studi Desktiptif di Kelas I SD N Minomartani 6, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Imerda Fitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam pelaksanakan bidang layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar yaitu kelas I SD N Minomartani 6, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek seorang guru kelas I SD N Minomartani 6. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kreadibilitas dengan triangulasi teknik dan cross chcek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas dalam pelaksanaan bidang layanan bimbingan dan konseling telah terlaksana, meskipun masih ada beberapa bidang yang belum terlaksana secara optimal. Selain memiliki tugas dan peran mendidik, guru kelas juga memiliki peran dalam melaksanakan bidang layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Bidang layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru di sekolah meliputi ; (1) peran guru kelas dalam bidang pribadi, (2)peran guru kelas dalam bidang sosial, (3) peran guru kelas dalam bidang belajar, dan (4) peran guru kelas dalam bidang karir. Bidang-bidang layanan tersebut dilaksanakan oleh guru kelas dengan berpedoman pada tingkat perkembangan dan jenjang pendidikan peserta didik sekolah dasar. Dalam pelaksanaannya, guru kelas belum melaksanakan peran dalam bidang bimbingan karir kepada peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena tingkat perkembangan peserta didik yang masih pada tahap pra operasional dan jenjang pendidikan peserta didik yang masih dini, dimana pada masa penyesuaian dari pendidikan Taman Kanak-Kanak menuju pendidikan sekolah dasar. Peran guru kelas dalam pelaksanaan bidang layanan bimbingan dan konseling tidak terlepas dari adanya kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam pengembangan diri peserta didik. Kata Kunci : Peran guru kelas, Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Nov 2015 05:01
Last Modified: 30 Jan 2019 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28151

Actions (login required)

View Item View Item