HUBUNGAN KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS BINTANG KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG

Annisa, Himatul (2015) HUBUNGAN KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS BINTANG KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Himatul_Annisa_11108241134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi keluarga dalam membentuk perilaku sosial yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi keluarga dengan perilaku sosial siswa kelas V SD se-Gugus Bintang Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD se-Gugus Bintang Kecamatan Tempuran. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 137 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala komunikasi keluarga dan skala perilaku sosial. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data diperoleh menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi keluarga dengan perilaku sosial siswa kelas V SD. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r=0,449 dan nilai P<0,05 yang berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi keluarga dengan perilaku sosial. Dengan demikian, orang tua sebaiknya meningkatkan intensitas komunikasi yang positif dengan anak agar anak memiliki perilaku sosial yang baik. Kata kunci: komunikasi keluarga, perilaku sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Nov 2015 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28150

Actions (login required)

View Item View Item