PENGARUH METODE VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP KECERDASAN MORAL SISWA KELAS V SD NEGERI TUKANGAN

Ilmiyati, Firma Dwi (2015) PENGARUH METODE VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP KECERDASAN MORAL SISWA KELAS V SD NEGERI TUKANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Firma Dwi Ilmiyati_11108244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode VCT dalam pembelajaran PKn terhadap kecerdasan moral siswa kelas V SD Negeri Tukangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kecerdasan moral, sedangkan variabel bebasnya adalah metode VCT. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 57 siswa, 28 siswa dari kelas VA dan 29 siswa dari kelas VB. Kelas VA sebagai kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan dengan metode VCT sedangkan kelas VB sebagai kelompok kontrol mendapat perlakuan secara alamiah yang biasa dilakukan oleh guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala sikap kecerdasan moral dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan membandingkan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode VCT dalam pembelajaran PKn terhadap kecerdasan moral siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil mean pada kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok kontrol, yaitu 124,21 > 118,31. Kata kunci: metode VCT, kecerdasan moral

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Nov 2015 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 05:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28149

Actions (login required)

View Item View Item