PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Febrian, Arif Budiman (2015) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
febrian-arif-budiman-09504247007.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Febrian Arif Budiman 09504247007 Kompetensi yang berkaitan dengan roda dan ban, wajib dikuasai oleh siswa dan memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat kecelakaan di jalan karena faktor teknis kendaraan. Selain itu, roda dan ban merupakan bagian penting dari kendaraan yang berfungsi mendukung kenyamanan berkendara, menopang kendaraan, memindahkan gaya dan daya ke jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran roda dan ban. Desain penelitian ini adalah Non-equivalent kontrol group design. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket. Untuk mengetahui validitas instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, dengan hasil bahwa instrumennya reliabel. Prasyarat Normalitas data menggunakan analisis Kolmogorov-Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan uji F. Hasil dari kedua pengujian prasyarat analisis tersebut menujukkan bahwa data penelitian normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Minat belajar siswa yang diajar dengan menggunakan video pembelajaran lebih tinggi daripada minat belajar siswa yang diajar tidak menggunakan video pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada data minat belajar setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh thitung sebesar 7,739 dan ttabel sebesar 1,993; dengan skor rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (125,500>107,3889). Dengan demikian penggunaan video pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar siswa dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Nov 2015 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item