STRATEGI PROMOSI PADA PT. INTAN PARIWARA KLATEN

Nugroho, Arya Prasetyo (2015) STRATEGI PROMOSI PADA PT. INTAN PARIWARA KLATEN. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
AryaPrasetyaNugroho_12810134028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi promosi yang selama ini dilaksanakan oleh PT. Intan Pariwara. Data diperoleh secara langsung dari pihak-pihak yang bersangkutan dari PT. Intan Pariwara dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Periklanan, jumlah iklan spanduk untuk sekolah yang di wilayah Klaten, jumlahnya tergolong sedikit dan periklanan yang dilakukan oleh PT. Intan Pariwara melalui koran hanya terbatas pada produk unggulan saja, yaitu Buku Detik SD kelas VI, Buku Detik SMP kelas IX dan Buku Detik SMA kelas XII. Hal ini karena buku-buku tersebut tidak dijual ke sekolah-sekolah melainkan ke Toko Buku. Sasaran yang dituju adalah orang tua murid. (2) Penjualan perseorangan, tidak semua kepala sekolah menyambut baik sales ketika menawarkan buku, sales terkendala waktu yang terbatas dan wilayah pemasaran yang luas. Untuk mengoptimalkan personal selling, para sales biasanya menyiasati dengan kunjungan rumah ke rumah kepala sekolah langsung untuk berkomunikasi interpersonal. (3) Promosi penjualan, persaingan dengan penerbit lain yang memberikan hadiah yang lebih besar dari PT. Intan Pariwara. Menurut pihak PT. Intan Pariwara, konsumen dalam membeli buku dari penerbit lain lebih memprioritaskan hadiahnya daripada kualitas isi bukunya.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: D3 Pemasaran
Date Deposited: 10 Nov 2015 08:37
Last Modified: 29 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item