PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN” MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MAGELANG

Endah Kusnawati, Lia (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN” MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Endah Kusnawati_10105241013.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang layak digunakan untuk mata pelajaran Biologi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan materi “Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan” ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan, dan aspek pemrograman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan menurut Borg & Gall dengan beberapa tahap, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Setelah melalui tahap produksi, dihasilkan produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melaui tiga tahap, yaitu: uji coba lapangan awal yang terdiri dari 3 siswa, uji coba lapangan utama yang terdiri dari 6 siswa dan uji coba lapangan operasional sebanyak 28 siswa. Subyek uji coba produk adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Magelang yang berjumlah 28 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan. Penilaian hasil multimedia pembelajaran pada uji validasi ahli materi sebesar 3,82 masuk dalam kriteria baik dan ahli media sebesar 3,98 masuk dalam kriteria baik. Pada uji coba lapangan awal sebesar 4,70 masuk dalam kriteria sangat baik .Uji coba lapangan utama sebesar 4,54 masuk dalam kriteria sangat baik, dan untuk uji coba lapangan operasional sebesar 4,40 masuk dalam baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:24
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28109

Actions (login required)

View Item View Item