PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DI KELAS II B SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA

Mawarini, Ela (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DI KELAS II B SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ela Mawarini_11105241011.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (Scientific Approach) di kelas II B Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu pendidik kelas II B, peserta didik kelas II B, dan Kepala Sekolah. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Scientific sudah dilaksanakan secara keseluruhan. Namun pada pelaksanaannya belum semua sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang meliputi 5M yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. RPP yang disusun belum semua sesuai dengan prinsip pembuatan RPP kurikulum 2013. Pada tahap mengamati, pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik mengamati gambar, tumbuhan di lingkungan sekolah, kegiatan outbond, dan kegiatan menganalisis bacaan maupun cerita. Pada tahap menanya, pendidik melatih peserta didik untuk membuat pertanyaan, dilakukan setelah adanya kegiatan mengamati, peserta didik ditugaskan membuat pertanyaan dari apa yang sudah diamati dan dianalisis. Pada tahap mencoba, percobaan yang dilakukan dengan memeperagakan tokoh, mempraktekkan sebuah pernyataan untuk memperoleh kesimpulan dan mencoba dua kegiatan yang berbeda untuk membandingkannya. Pada tahap menalar, peserta didik dibimbing untuk mampu menyatakan sebab-akibat suatu peristiwa maupun menanggapi atau menyimpulkan pernyataan. Pada tahap mengkomunikasikan ini pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan informasi, pendapat maupun laporannya. Pada evaluasi hasil pembelajaran kelas II B Sekolah Dasar Negeri Serayu dilakukan pada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian yang diperoleh melalui penilaian tes awal, kemudian penilaian dalam proses, dan penilaian akhir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item View Item