PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI SINDUADI BARAT, SLEMAN

Septiarti, Yunita (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI SINDUADI BARAT, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yunita Septiarti_11105241001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan alat permainan edukatif ular tangga tema hewan di lingkungan sekitar yang layak untuk untuk siswa kelas II SDN Sinduadi Barat, Sleman. Penelitian ini menggunakan sembilan langkah penelitian model Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Sembilan langkah tersebut diantaranya penelitian dan pengumpulan data awal, kemudian dilanjutkan dengan perencanaan, selanjutnya pengembangan draf produk yang kemudian di validasikan ke ahli media dan ahli materi. Setelah produk tervalidasi selanjutnya tahap uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas dua SDN Sinduadi Barat. Kemudian pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembanganini menghasilkan alat permainan edukatif ular tangga yang bertema hewan di lingkungan sekitar kita dengan menempuh tahap penelitian R&D dari Borg and Gall. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa APE ular tangga tema hewan di lingkungan sekitar ini sudah layak. Layak dibuktikan dengan validasi ahli media yang menunjukkan nilai “Sangat Baik” dengan mencangkup beberapa aspek diantaranya adalah kemudahan dan kesederhanaan desain, multifungsi, kemenarikan, ukuran, keawetan, kebutuhan, keamanan, kebersamaan, dan fantasi. validasi ahli materi yang menunjukkan nilai “Sangat Baik” dengan mencangkup beberapa aspek penilaian diantaranya adalah standar kompetensi, kedalaman materi, pemilihan gambar ilustrasi, penulisan materi, dan kunci jawaban. Uji coba lapangan awal yang menunjukkan nilai “Baik”, uji coba lapangan dengan nilai “Baik” dan uji coba pelaksanaan lapangan dengan nilai “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28106

Actions (login required)

View Item View Item