PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Fitriyani, Lina (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LINA FITRIYANI_11105241029.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif materi keragaman kenampakan alam yang layak bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Adapun tahapan tersebut yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal yang didalamnya meliputi validasi ahli materi dan validasi ahli media, uji coba awal, merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba lapangan, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pundung Imogiri, dengan tiga tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba awal dengan 3 subjek, uji coba lapangan dengan 6 subjek, dan uji lapangan dengan 12 subjek. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan aspek pemprograman, kualitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dikategorikan “Layak”. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penilaian ahli materi tahap 1 memperoleh nilai 3,39 (Layak), ahli materi tahap 2 memperoleh nilai 4,22 (Layak), ahli materi tahap 3 memperoleh nilai 4,22 (Layak). Sementara hasil penilaian ahli media tahap 1 mendapat nilai 4,19 (Layak) dan penilaian tahap 2 mendapat nilai 4,40 (Layak). Kemudian hasil uji coba awal memperoleh nilai 85,71%, hasil uji coba lapangan mendapat nilai 88,09%, dan hasil uji lapangan mendapat nilai 92,85%. Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V SD Negeri Pundung Imogiri, dengan materi “Keragaman Kenampakan Alam” sudah layak digunakan oleh siswa SD Negeri Pundung Imogiri sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28103

Actions (login required)

View Item View Item