PENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI GUNUNGKIDUL

Desi Ratna Sari, Asma (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Asma Desi Ratna Sari_11105241036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media peta budaya Indonesia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang “Keragaman Suku dan Bangsa” yang layak bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rejosari Gunungkidul. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode yang mengadaptasi dan memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba lapanngan awal, 6) uji coba lapangan, 7) merevisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rejosari, dengan tiga tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 3 subjek, uji coba lapangan dengan 7 subjek, dan uji pelaksanaan lapangan 14 subjek. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif ke data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan media peta budaya Indonesia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi siswa kelas IV SD Negeri Rejosari menggunakan 9 langkah yang diadaptasi dari Borg and Gall. Pengembangan media peta budaya Indonesia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial telah memenuhi kategori layak menurut hasil validasi ahli materi, ahli media, serta uji coba. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi memperoleh kategori sangat layak (rata-rata 4,5) dan penilaian dari ahli media memperoleh kategori sangat layak (rata-rata 4). Hasil penilaian pada uji coba lapangan awal memperoleh kategori layak (rata-rata 0,93), hasil uji coba lapangan memperoleh kategori layak (rata-rata 0,92), dan hasil uji pelaksanaan lapangan memperoleh kategori layak (rata-rata 0,99).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:19
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28102

Actions (login required)

View Item View Item