PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEBOMENGGALAN PURWOREJO

Jatmiko, Dani (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEBOMENGGALAN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dani Jatmiko_08105241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi sholat kelas IV SD Negeri Sebomenggalan Purworejo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif eksperimental dan menggunakan metode eksperimen semu sedangkan desain penelitian ini menggunakan Matching Pretest-Postest Control Group Design. Prosedur penelitiannya yaitu Pre experiment measurment (sebelum perlakuan), treatment (perlakuan), selanjutnya Post experiment measurment (setelah perlakuan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pemberian soal pretestposttest dan observasi. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sebomenggalan Purworejo dengan jumlah siswa 36 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang dan kelas IV-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri Sebomenggalan Purworejo. Hal ini telah dibuktikan pada hasil uji-t, dimana thitung=2,853 > ttabel=1,690, dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,007 < taraf signifikan 0,05. Penelitian ini juga membuktikan bahwa siswa yang menggunakan multimedia interaktif (kelompok eksperimen) memiliki nilai rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ceramah dan buku teks (kelompok kontrol).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:19
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item