PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NANOPARTIKEL PERAK SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM TINTA BAK TERHADAP VISKOSITAS DAN LAJU SERAP BAHAN KERTAS

Nurmalasari, Putri (2015) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NANOPARTIKEL PERAK SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM TINTA BAK TERHADAP VISKOSITAS DAN LAJU SERAP BAHAN KERTAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Putri Nurmalasari_18 Agustus 2015.doc

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi larutan nanopartikel perak terhadap viskositas tinta bak, dan laju serap tinta bak pada berbagai bahan kertas. Penelitian ini dimulai dengan sintesis nanopartikel perak dengan konsentrasi 5 mM, 4 mM, 3 mM, 2 mM, dan 1 mM. Selanjutnya larutan nanopartikel perak diuji menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Kemudian tinta bak dengan larutan nanopartikel perak dicampurkan untuk mengukur viskositas dan laju serap tinta bak pada bahan kertas. Pengukuran tersebut dilakukan sebanyak tiga kali, dengan persentase tinta bak tertentu. Dalam penelitian ini digunakan tiga macam kertas, yaitu kertas A3, linen dan A4. Berdasarkan hasil yang diperoleh, diketahui bahwa larutan nanopartikel perak mempengaruhi hasil viskositas tinta bak dan laju serap tinta bak pada berbagai kertas. Konsentrasi larutan 3 mM dan 5 mM menghasilkan viskositas tinta bak dan laju serap rata-rata tinggi untuk masing-masing kertas dibandingkan dengan konsentrasi 1 mM, 2 mM, dan 4 mM. Hasil tersebut menunjukkan persentase 75% untuk viskositas dan 70% untuk laju serap tinta bak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28097

Actions (login required)

View Item View Item