KEEFEKTIFAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL

Priana, Anis Safitri (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PRIANA ANIS SAFITRI_11103244050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita cerebral palsy tipe spastik kelas III Sekolah Dasar di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan anak tunagrahita cerebral palsy tipe spastik kelas III, yakni FNP. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi meliputi panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, level stabilitas dan rentang, serta perubahan level. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media flash card efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita cerebral palsy tipe spastik kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Keefektifan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keberhasilan dan terjadi penurunan pada durasi waktu pengerjaan tes kemampuan membaca permulaan pada fase baseline-1 (A), intervensi (B), dan baseline-2 (A’). Peningkatan persentase keberhasilan dari baseline-1 hingga baseline-2 yaitu 36%. Pada baseline-1 stabil yaitu 46%, kemudian persentase keberhasilan meningkat pada intervensi dari pertemuan pertama sampai keenam yaitu 52%-79%, sedangkan pada baseline-2 persentase keberhasilan menjadi 82%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 09:38
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28094

Actions (login required)

View Item View Item