KULTUR AKADEMIK di SMK N 1 KASIHAN (SMKI) BANTUL

Ismi, Widayati (2015) KULTUR AKADEMIK di SMK N 1 KASIHAN (SMKI) BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Ismi Widayati_11110241032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaiamana kultur akademik di SMK N 1 Kasihan, (2) Mendeskripsikan bagaimana cara SMK N 1 Kasihan mengembangkan kultur adademik (3) Mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kultur akademik di SMK N 1 Kasihan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Kultur akademik yang berkembang di SMK N 1 Kasihan adalah kultur/ budaya bersikap kreatif dan berprestasi yang merupakan kultur positif. Proses pembudayaannya didukung oleh kebijakan sekolah berupa adanya kegiatan praktik industri dan kegiatan lombadan festival kesenian seperti FLSSN (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional). Sedangkan budaya yang masih kurang berkembang adalah budaya menghargai waktu. Hal tersebut dikarenakan sekolah belum mampu menemukan kebijakan atau kegiatan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut, (2) Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengembangkan kultur atau budaya akademik adalah dengan visi dan misi sekolah. Visi dan misi sekolah yang di dalamnya mencakup berbagai kebijakan dan kegiatan untuk mengembangkan kultur atau budaya akademik, (3) Dalam melaksanakan kebijakan dan kegiatan tersebut terdapat faktor yang mendukung diantaranya adalah besarnya minat siswa terhadap pelajaran kejuruan, terpenuhinya sarana prasarana sekolah, interaksi yang baik antara seluruh warga sekolah dan dukungan daro orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mata pelajaran teori, rendahnya kesadaran siswa dalam hal kedisiplinan dan keterbatasan tempat untuk melaksanakan kegiatan PI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28077

Actions (login required)

View Item View Item