PERANAN WARGA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SD TARAKANITA TRITIS PAKEM YOGYAKARTA

Isfidianingsih, Isfidianingsih (2015) PERANAN WARGA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SD TARAKANITA TRITIS PAKEM YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Isfidianingsih NIM 11110244014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan warga sekolah serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup di SD Tarakanita Tritis Pakem Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah, karyawan, pembantu pelaksana dan siswa. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, display data serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kebijakan pendidikan lingkungan hidup di SD Tarakanita Tritis memberi dampak baik pada siswa. Hal ini dapat ditujukkan bahwa aspek kognitif , aspek afektif, aspek psikomotorik. Adapun peranan warga sekolah dalam menerapkan kebijakan PLH adalah 1) kepala sekolah memiliki peranan sebagai pencetus ide pertama, pembuat kebijakan dan menjadi tauladan. Guru memiliki peranan sebagai fasilitator dalam pembelajaran PLH dan menjadi teladan bagi siswa. 3) komite sekolah memiliki peranan sebagai pendukung dalam hal material dan memotiva sisiswa dalam PLH. 4) karyawan tata usaha memiliki peranan sebagai pengelolah dana dan mengikuti kegiatan PLH. 5) pembantu pelaksana memiliki peranan sebagai pengelolahan fasilitas sekolah, merawat tanaman dan mengolah sampah. 6) siswa berperan sebagai subjek didik, mengikuti pembelajaran dan kegiatan PLH, menaati peraturan, menjaga lingkungan dan mendukung PLH. Faktor pendukung PLH di SD Tarakanita Tritis adalah a) komitmen dari warga sekolah; b) tersedianya fasilitas pendukung PLH; c) adanya dana PLH dari yayasan. Sedangkan faktor penghambat PLH adalah a) tidak ada kurikulum PLH; b) sulitnya mencari buku khusus PLH; c) waktu pembelajaran PLH terbatas; d) beberapa jumlah fasilitas kebersihan terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 06:53
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item