IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Erda, Ardina (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ERDA ARDINA_11110241040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah ramah lingkungan di SMA Negeri 1 Kasihan Bantul. Deskripsi meliputi sejarah program, pengembangan program, pengembangan kegiatan program, pengembangan dan pengelolaan sarana prasarana, faktor pendukung dan penghambat program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah: 1 kepala sekolah, 3 wakil kepala sekolah, 2 guru mata pelajaran, 1 petugas kebersihan, 1 penjual makanan, dan 4 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, transferabilitas, reliabilitas dan objektifitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) Program sekolah ramah lingkungan berawal dari penunjukan sekolah oleh dinas pendidikan sebagai salah satu sekolah berwawasan lingkungan, serta sekolah mempunyai kesadaran untuk menjaga dan melindungi lingkungan hidup. (2) Pengembangan program dilakukan melalui visi misi sekolah, kurikulum sekolah, sosialisasi, sumber belajar, kerjasama, peranan warga sekolah, prestasi, peraturan sekolah, dan organisasi sekolah. (3) Pengembangan kegiatan program dilakukan melalui kegiatan sekolah sebagai penyelenggara, kegiatan sekolah dengan pihak luar sebagai penyelenggara, dan upaya sekolah dalam pelaksanaan kegiatan. (4) Pengembangan dan pengelolaan sarana prasarana diwujudkan melalui ketersediaan sarana prasarana, serta peningkatan kualitas pengelolaan dan pemanfaatan sarana prasarana. (5) Faktor pendukung yaitu sarana prasarana sekolah yang lengkap, peranan warga sekolah, pelatihan dari luar sekolah, dana dan bantuan sarana prasarana, serta kerjasama sekolah. (6) Faktor penghambat yaitu beberapa warga sekolah kurang sadar, belum adanya peraturan dan sanksi tertulis, beberapa kegiatan sekolah terhenti, program ramah lingkungan belum disosialisasikan kepada masyarakat, serta karakter dan latar belakang warga sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 06:49
Last Modified: 30 Jan 2019 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28075

Actions (login required)

View Item View Item