IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS CYBERSCHOOL DI SMP BUDYA WACANA YOGYAKARTA

Arum Fatwa, Khoiria (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS CYBERSCHOOL DI SMP BUDYA WACANA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Arum Fatwa Khoiria_11110244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji proses implementasi kebijakan sekolah berbasis cyberschool, faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi kebijakan sekolah berbasis cyberschool di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Direktur Yayasan, Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa SMP Budya Wacana Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik ketekunan peneliti dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kebijakan sekolah berbasis cyberschool adalah kebijakan untuk melaksanakan seluruh kegiatan akademik sekolah yang terintegrasi oleh penggunaan ICT dan akses internet. Implementasi kebijakan sekolah berbasis cyberschool dapat dinilai dari enam aspek, yaitu standar dan tujuan pelaksanaan meliputi pemahaman tentang tujuan kebijakan dan sasaran yang dicapai. Sumberdaya yang dimiliki meliputi sarana prasarana dan manusia. Komunikasi meliputi YPPN Budya Wacana Yogyakarta dengan sekolah dan pihak terkait. Agen pelaksana meliputi komitmen YPPN Budya Wacana Yogyakarta dan SMP Budya Wacana Yogyakarta. Kondisi sosial, politik, dan ekonomi meliputi keadaan nyata lingkungan sekolah dan keadaan ekonomi sekolah. Interorganisasi dan aktivitas meliputi model pembelajaran dan program pendukung; 2) Faktor pendukung implementasi kebijakan sekolah berbasis cyberschool di SMP Budya Wacana Yogyakarta adalah sarana prasarana sekolah lengkap, minat dan dukungan dari seluruh warga sekolah, keterampilan para siswa dalam menggunakan perangkat ICT dan akses internet, dukungan penuh dari YPPN Budya Wacana Yogyakarta; 3) Faktor penghambat implementasi kebijakan sekolah berbasis cyberschool di SMP Budya Wacana Yogyakarta adalah kurangnya kesiapan sumber daya manusia, belum semua siswa memiliki perangkat ICT, belum semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan memiliki sertifikat IT, jaringan internet yang masih sering terputus dan lambat, kurangnya tenaga ahli yang dapat mengoperasikan seluruh kegiatan akademik sekolah yang terintegrasi oleh penggunaan ICT dan akses internet, kurangnya pelatihan- pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dan karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 06:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28072

Actions (login required)

View Item View Item