PENGEMBANGAN TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP-KONSEP ASAM BASA DAN REAKSI REDOKS PADA PESERTA DIDIK SMA/MA

Bhatara, Jamal Adi (2011) PENGEMBANGAN TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP-KONSEP ASAM BASA DAN REAKSI REDOKS PADA PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
DEVELOPMENT_OF_MULTIMEDIA_BASED_CHEMISTRY_CONCEPT_INVENTORY_TEST_AS_AN_INSTRUMENT_IN_THE_IDENTIFICATION_OF_MISCONCEPTIONS_OF_ACID_AND_BASES_CONCEPTS_AND_REDOX_REACTION_OF_SMA.doc

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan CD interaktif tes Chemistry Concept Inventory (CCI) berbasis multimedia pada konsep asam basa dan reaksi redoks sebagai instrumen penilaian bagi siswa SMA/MA dan mengetahui kualitas tes CCI berbasis multimedia yang telah disusun berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Pengembangan tes CCI berbasis multimedia pada konsep asam basa dan reaksi redoks ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peen review. Instrumen penelitian berupa angket yang berisi aspek dan kriteria untuk menilai kualitas tes CCI yang dihasilkan. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian yaitu kebenaran, keluasan dan kedalaman konsep, aspek kebahasaan yang digunakan, aspek keterlaksanaan, aspek tampilan visual, aspek tampilan audio dan aspek kemudahan penggunaan. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas tes CCI berbasis multimedia. Produk penelitian ini berupa tes CCI berbasis multimedia pada konsep asam basa dan reaksi redoks yang disimpan dalam bentuk CD. Tes CCI berbasis multimedia ini terdiri dari 2 komponen yaitu komponen soal dan komponen pembahasan. Berdasarkan penilaian guru kimir SMA/MA, tes CCI berbasis multimedia yang telah disusun untuk komponen soal memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-ratanya 125,4 dibandingkan rerata skor idealnya sebesar 116. Sedangkan untuk komponen pembahasan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-ratanya 44 dibandingkan rerata skor idealnya 40. Oleh karena itu, tes CCI berbasis multimedia ini dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengidentifikasi miskonsepsi konsep-konsep asam basa dan reaksi redoks pada peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item View Item