PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PEMBELAJARAN PRAKTIK, DAN KEBIASAAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU BANTUL

Fathimah, Ahmad (2015) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PEMBELAJARAN PRAKTIK, DAN KEBIASAAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fathimah Ahmad-12501247007.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PEMBELAJARAN PRAKTIK, DAN KEBIASAAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 1 SEDAYU BANTUL Abstrak Fathimah Ahmad 12501247007 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran variabel lingkungan belajar, pembelajaran praktik, kebiasaan berpikir, dan hasil belajar siswa pada kelompok mata pelajaran produktif kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu Bantul, (2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelompok mata pelajaran produktif kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu Bantul, (3) Pengaruh pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada kelompok mata pelajaran produktif kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu Bantul, (4) Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap hasil belajar siswa pada kelompok mata pelajaran produktif kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu Bantul, (5) Pengaruh lingkungan belajar, pembelajaran praktik, dan kebiasaan berpikir terhadap hasil belajar siswa pada kelompok mata pelajaran produktif kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini menggunakan desain korelasional untuk memperoleh informasi mengenai taraf sebab akibat yang terjadi antar variabel dengan metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Hasil belajar Keahlian Teknik Instalasi Listrik yang berjumlah 84 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan angket, dan dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis pada penelitian meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskrptif untuk mengetahui gambaran variabel dan teknik penggujian analisis korelasi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar sebagian siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu (68,67%) termasuk dalam kategori cukup, pembelajaran praktik sebagian siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu (55,42%) termasuk dalam kategori cukup, kebiasaan berpikir sebagian kecil siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu (39,76%) termasuk dalam kategori cukup, dan hasil belajar sebagian siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Sedayu (60,24%) termasuk dalam kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu dengan pengaruh sebesar 81,7%, (3) terdapat pengaruh yang positif antara pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu bantul dengan pengaruh sebesar 75,8%, (4) terdapat pengaruh yang positif antara kebiasaan berpikir terhadap hasil belajar siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu bantul dengan pengaruh sebesar 16,1 %, (4) terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan belajar, pembelajaran praktik, dan kebiasaan berpikir terhadap hasil belajar siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK 1 Sedayu bantul dengan pengaruh sebesar 85,9%, Kata kunci : Lingkungan belajar, pembelajaran praktik, kebiasaan berpikir, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2015 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28056

Actions (login required)

View Item View Item