PENGARUH SARANA DAN PRASARANA RUANG GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

Faryo, Zulmy Aswan (2015) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA RUANG GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Faryo zulmy aswan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH SARANA DAN PRASARANA RUANG GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG Oleh : Faryo Zulmy Aswan NIM 10505249001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan mata pelajaran gambar teknik (2) Kelayakan sarana dan prasarana ruang gambar manual, (3) Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar, dan mengetahui berapa besar pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 81 Orang. Dalam penelitian ini semua populasi diambil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrument melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan dengan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar siswa mata pelajaran gambar teknik masuk dalam kategori tinggi 57 siswa (95%), (2) Sebagian siswa yaitu 39 anak (65%) memberikan tanggapan positif mengenai sarana dan prasarana ruang gambar manual, sehingga dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana ruang gambar manual masuk dalam kategori kriteria sarana dan prasarana tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan r= 0, 760, dan p sign= 0,000, besarnya sumbangan sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran gambar teknik 58,6%. Kata Kunci Sarana dan prasarana ruang gambar manual, hasil belajar, gambar teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2015 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28055

Actions (login required)

View Item View Item