PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA ANGGOTA UKM MUSIK SICMA UNY BERBASIS FRAMEWORK PHP CODEIGNITER

FARIS, RIDHA PRIMASTOMO (2015) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA ANGGOTA UKM MUSIK SICMA UNY BERBASIS FRAMEWORK PHP CODEIGNITER. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Faris ridha P_08520241002_Skripsi_kece.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan sekaligus menganalisis kualitas dari Sistem Informasi Pengelolaan Data Anggota UKM MUSIK SICMA UNY Berbasis Framework PHP Codeigniter dan Mysql agar diketahui kelayaknnya untuk digunakan pengguna akhir. Aspek kualitas perangkat lunak yang diteliti berdasarkan kaidah Software Quality. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pengelolaan data yang kualitasnya teruji. Prosedur penelitian yang dilakukan peneliti sesuai dengan kaidah software enginering meliputi analisis kebutuhan, tahap desain, implementasi dan analisis faktor kualitas perangkat lunak berdasarkan kaidah software quality khususnya faktor correctness, usability, integrity, efficiency, maintainability, reliability, interoperability dan portability. Analisis faktor correctness dilakukan dengan metode KLOC, analisis usability menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS) dengan responden anggota UKM Musik SICMA UNY, analisis integrity menggunakan Web Vulnerability Scanner, analisis efficiency menggunakan YSloow dan webpagetest, analisis maintainability menggunakan ukuran metrik, analisis reliability menggunakan tool berupa software dan pembuktian secara load tester, analisis interoperability menggunakan cohesion metric (LCC) dan coupling metric (CBO, RFC, NOC) dan analisis portability diuji menggunakan pembuktian secara load tester. Analisis aspek correctness, usability, integrity, efficiency, maintainability, reliability, interoperability dan portability menghasilkan nilai standar kualitas yang dianjurkan. Analisis correctness menghasilkan nilai standar kualitas yang diharuskan pada rentang 0-40 error/ KLOC, analisis usability menghasilkan nilai 2442.5 dengan kategori baik, analisis integrity membuktikan bahwa sistem lolos uji dari celah SQL Injection, Blind_SQL Injection dan XSS (Cross Site Scripting), analisis efficiency menunjukkan sistem sudah memenuhi standar performa dengan mendapatkan grade A pada Yslow dan nilai 100/100 pada webpagetest, analisis maintainability menunjukkan sistem memenuhi pada aspek instrumentation, consistency dan simplicity, analisis reliability menunjukkan sistem lolos pada uji correct link processing, user input validation and recovery, dan error recovery, analisis interoperability sudah memenuhi standar cohesion metric dan coupling metric dan analisis portability menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik tanpa error pada 4 web browser. Hasil analisis pada semua aspek menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan lolos dari uji kualitas perangkat lunak. Kata kunci: Sistem informasi, software quality, analisis software.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2015 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28054

Actions (login required)

View Item View Item